3 Hektare Lahan di Sekitar Komplek Perkantor Pemkab Ogan Komering Ulu Selatan Dibakar Orang

3-hektare-lahan-di-sekitar-komplek-perkantor-pemkab-ogan-komering-ulu-selatan-dibakar-orang-1
Jun 12 2021
Kenneth Ross

MULUT DUA kepala Sekitar 3 hektare lebih lahan perkebunan di kira-kira Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan dilahap sijago merah. Beruntung peristiwa yang terjadi di Sabtu malam ini (12/6/2021) tenggat tidak memakan korban atma.

Besarnya kobaran api membuat petugas daripada Unit Pemadam Kebakaran pengganggu untuk memadamkan api dengan membakar semak ilalang seluas 3 hektar lebih dalam dekat Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan tersebut.

Baca juga: Besar Hektar Lahan di Tepian Tol Palindra Terbakar

Kebakaran lahan dengan persis berada di susur Jalan Kabupaten Simpang Jagaraga menuju Kota Muaradua ini mulai terjadi sekitar jam 18. 15 WIB menjumpai malam tadi dan tenggang antara komplek perkantoran negeri kabupaten setempat hanya kira-kira 500 meter.

Baca Juga:

Tanah yang diduga sengaja dibakar ini merupakan lahan dengan tidak produktif lagi pasca akan dilakukan penanaman kembali bibit jagung oleh petani setempat. Sehingga lahan itu ditumbuhi semak ilalang & belukar kering lalu dibakar begitu saja.

Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran milik negeri setempat diterjunkan ke tempat titik api untuk memudarkan kobaran api yang telah membesar dengan cepat.

Api baru berhasil dipadamkan setelah petugas berjibaku selama dua jam lebih untuk memadamkan api.

Muhidi petugas damkar mengatakan, kebakaran lahan di wilayah kabupaten itu mulai terjadi menyusul sepekan terakhir sejak sudah hampir mulia bulan ini.

Baca juga: 6 Hektare Hutan pada Kawasan Lanud Hang Nadim Dibakar Orang, Asapnya Ganggu Penerbangan

“Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan tidak pernah kembali diguyur hujan sehingga banyak lahan kering serta mudah terbakar, ” kata dia.

Selain itu, lanjut tempat, aktifitas petani dalam menyapu ladang merekapun tergolong benar tidak baik dengan jalan membakar rumput ilalang & bekas panen seperti jagung hingga tuntas.