4, 6 Juta Warga Berpotensi Mudik ke Jateng, Pemudik Dihalau dengan 3 Jalan Ini

46-juta-warga-berpotensi-mudik-ke-jateng-pemudik-dihalau-dengan-3-cara-ini-1
Apr 12 2021
Kenneth Ross

SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Sedang telah menyiapkan strategi buat menghalau pemudik sekaligus melaksanakan larangan mudik Lebaran dalam 6-17 Mei 2021.

Baca juga: Kapolda Jateng: Pemudik Lolos di Menjelajahkan dan Jatim, Jangan Harap Bisa Masuk ke Jateng

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Jawa Tengah Henggar Akhlak Anggoro menyatakan ada tiga skenario yang akan dikerjakan. “Sekarang ini kita coba antisipasi untuk pelarangan mudik di tahun 2021 ini. Kita ada skenario, tiga cara, ” kata Henggar di Semarang, Senin (12/4/2021).

Baca serupa: Mudik Lebaran, Kendaraan Masuk Jawa Tengah Harus Kantongi Permisi Gubernur

Baca Pula:

Skenario pertama adalah pra pembatasan sejak 1-5 Mei jadi antisipasi mudik dini. Sebab dari data Kementerian Pertalian akan ada potensi awak melakukan mudik dini, yaitu sekitar 20% dari bukti Kemenhub.

“Data survei Kementerian Perhubungan. Tersedia potensi pemudik Jawa Sedang sekitar 4, 6 juta, ” katanya.

Dia menyatakan, Pemprov Jateng akan mencoba antisipasi dengan Posko Mobile. “Posko mobile ini tentunya kita main sama dengan instansi terkait, dari kabupaten dan praja, TNI/Polri, harapannya seperti dengan disampaikan Dirlantas (Dirlantas Polda Jateng), sebelum masa pembatasan ini juga sudah ada pembatasan pergerakan orang yang masuk ke Jawa Tengah, ” ujarnya.