5 Hidangan Alpukat ala Koki Berbintang Michelin

5 Hidangan Alpukat ala Koki Berbintang Michelin
Oct 10 2020
Kenneth Ross

JAKARTA – Alpukat merupakan bahan serbaguna yang digunakan dalam berbagai hidangan . Baik itu sarapan, makan siang, atau santap malam, alpukat dapat dengan gampang menjadi bintang makanan apa pula. Alpukat sumber vitamin C, E, K, dan B-6 yang menawan, serta riboflavin, niasin, folat, masam pantotenat, magnesium, dan kalium.

Buah ini juga menyediakan masam lemak lutein, beta-karoten, dan omega-3. Jadi, tidak ada keraguan mengenai fakta bahwa alpukat juga baik untuk kesehatan. Baru-baru ini, di sebuah wawancara dengan media online Amerika, koki berbintang Michelin melahirkan kecintaan mereka pada alpukat dan hidangan yang mereka sukai untuk dimasak bersama.

Hidangan ini tidak diragukan lagi menggugah selera dan sangat mudah dibuat. Jika Anda juga penggemar alpukat, berikut ini beberapa resepnya dilansir sejak Times of India. (Baca juga: Studi: Virus Corona Dapat Bertahan di Kulit Hingga 9 Jam)

1. Kentang goreng alpukat
Makanan favorit Chef David Shim ini memiliki tekstur renyah di asing dan lembut di dalam. Lulus membutuhkan 4 bahan yakni 1 buah alpukat, 1 cangkir serbuk, 1 butir telur, dan 50 gram remahan roti yang sudah dicampur merica dan garam. Mula-mula, potong alpukat menjadi irisan. Lapisi setiap irisan dengan tepung dan celupkan ke dalam telur pra menutupinya dengan remah roti. Lalu goreng semua irisan sampai berupa cokelat keemasan.

Baca Pula:

2. Alpukat raita
Alpukat raita adalah favorit Chef Srijith Gopinathan yang berbasis di San Francisco. Gopinathan suka menggunakan alpukat dalam raita atau bumbu populer dalam masakan Asia Selatan dengan menggabungkan yoghurt dengan berbagai bumbu dan sayuran. Resep raita pula sangat sederhana yakni campurkan 1 alpukat cincang dengan 1 bawang bombay cincang, 1 cangkir yoghurt, 2 sdt jus lemon, satu sdm jahe cincang, 2 sdm batang ketumbar, 1 buah tomat cincang, dan sedikit garam.

3. Roti membakar alpukat klasik
Roti panggang alpukat klasik adalah kesayangan Chef Suzette Gresham dan bisa dibuat dengan sangat mudah. Caranya panggang potongan roti sampai berwarna keemasan dan keras. Ambil satu buah alpukat, potong dan tambahkan sedikit garam. Oleskan alpukat di atas roti panggang, taburi kecil madu di atasnya, dan taburi garam asap lagi.

4. Salsa alpukat tomatillo
Menurut Chef Dan Kleinhander, ini cocok dengan resep ayam apa pun. Cara membuatnya cukup mudah dan membutuhkan satu buah alpukat, 1 bawang bombay, 50 gram tomatillo yang telah dikupas, dibilas, dan dibelah perut, dan 2-3 jalapenos. Masukkan semua bahan ke dalam food processor bersama sedikit garam dan jus lemon, kemudian proses hingga halus. (Baca serupa: Diskon 99% SPIN Super Big Sale, Beli Ponsel & Laptop Cuma Seharga Kopi! )

5. Alpukat guacamole
Val Cantu, besar koki yang berbasis di San Francisco, adalah penggemar berat alpukat guacamole. Dia lebih suka membuatnya tetap sederhana, oleh karena itu resepnya sama mendasarnya yakni potong 1 bawang dan peras besar jeruk nipis ke dalam mangkuk kecil, tambahkan sedikit garam, & kemudian rendam bawang dalam minuman jeruk nipis selama 10-15 menit. Tambahkan 1 alpukat cincang, 3-4 cabai serrano cincang dan dua sdm daun ketumbar cincang. Campur semuanya.