Beredar Video Tifosi Timnas Italia Diserang Suporter Inggris pada Stadion Wembley

beredar-video-tifosi-timnas-italia-diserang-suporter-inggris-di-stadion-wembley-1
Jul 12 2021
Kenneth Ross

LONDON awut-awutan Sebuah video beredar di media sosial memperlihatkan perseorangan suporter timnas Inggris menghajar fans Italia setelah awak kesayangan mereka gagal memimpin final Piala Eropa 2020 . Di partai puncak, Inggris kalah lewat sabung penalti.

Sebab rekaman video yang berputar, terlihat sekelompok orang berbaju biru khas jersey Italia diserang kelompok suporter asing yang berbaju putih. Seorang lelaki dengan atribut tim nasional Italia, yang berusaha keluar dari situasi mencekam itu, bahkan diselengkat lalu dipukuli beramai-ramai oleh massa berbaju putih.

Baca Juga: Italia Bungkam Inggris di Final Piala Eropa 2020


Narasi yang muncul di media sosial menyebut bahwa suporter tim nasional Inggris sengaja menyerang fans Italia lantaran kecewa timnya urung mengangkat trofi. Fans Inggris juga dituduh meyerang pemeran mereka sendiri yang gagal mengeksekusi penalti menggunakan kalimat-kalimat bernada rasisme.

Di bagian adu penalti, Inggris menyerah dari Italia setelah tiga pemain mereka yakni Jadon Sancho, Marcus Rashford, serta Bukayo Saka gagal menyarangkan bole ke gawang Gianluigi Donnarumma. Ketiganya lantas menjelma bulan-bulanan penggemar Inggris.

Baca Juga:

“Fans Italia diserang usai musabaqah di Wembley, London. Melihat semua hinaan rasial pada Sancho, Rashford dan Saka, saya sangat senang Italia menang. Penggemar Inggris membuat muak, ” tulis Kevin Melvin, pengguna media baik yang ikut memposting gambar kekerasan oknum suporter timnas Inggris.

Sebelum kick-off, suporter timnas Inggris sebetulnya telah terlibat bentrok antar sesama pendukung. Dalam rekaman video yang didapat Plymouth Herald, beberapa orang suporter timnas Inggris terlibat baku hantam diduga di bawah efek alkohol.

Euforia suporter memang luar pelik mengingat final ini merupakan yang pertama untuk Inggris dalam 55 tahun tearkhir. Timnas Inggris terakhir kali tampil di final era menjuarai Piala Dunia 1966. Sejak itu, Timnas Inggris tidak mampu untuk semata-mata mencapai partai puncak.