Bongkar Saluran Limbah Tersembunyi, Wabup Blitar Berjibaku di Sungai Tercemar Kotoran Sapi

bongkar-saluran-limbah-tersembunyi-wabup-blitar-berjibaku-di-sungai-tercemar-kotoran-sapi-1
Jul 30 2021
Kenneth Ross

BLITAR – Bukan perkara mungkin untuk mengungkap dugaan pengucilan limbah melalui saluran tersembunyi yang dilakukan Wakil Tumenggung Blitar, Rahmat Santoso. Orang nomor dua di Pemkab Blitar ini harus berjibaku menyusuri jalan terjal dan menanjak.

Mengaji juga: Terbongkar, Pipa Saluran Limbah PT Greenfields dengan Disembunyikan Bikin Wabup Blitar Terpeleset

Inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan Rahmat ke Dusun Telogosari, Desa Sumberurip, Kecamatan Doko, hanya bisa dilakukan dengan berjalan berleha-leha, karena lokasinya yang curam di antara celah perbukitan, dan hanya ada tiang setapak.

Butuh waktu panjang untuk menjejaki jalan setapak itu. Tak ada jalur untuk organ bermotor, sehingga rombongan tersebut harus berjalan kaki menjejaki lembah, bukit, dan anak-anak sungai yang mulai kotor kotoran sapi.

Baca juga: Bendera Merah Berkibar di Perkampungan Padat, 1 Keluarga di Malang Mengungsi ke Kantin Sekolah

Rahmat tidak sendirian. Selain ajudannya, dia juga melakukan sidak bersama Kepala Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Sugianto. Ikut juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Krisna.

Tebing curam dengan kanan kiri penuh semak belukar, menjadi saudara di sepanjang perjalanan. Tengah lebar jalan yang dilintasi tidak ada satu meter. Tiba di Sungai Cici, yakni anak Sungai Genjong, Rahmat terpeselet dan menetes terduduk di sungai dengan berarus deras. “Ini sampai basah kuyub semua, ” kata Rahmat.

Perjuangan keras tersebut mulai membuahkan hasil masa melintasi Sungai Cici. Aroma limbah kotoran sapi mulai menyengat. Air sungai terlihat berbusa. Bekas limbah kotoran sapi yang sudah kering, menempel pada batu-batu sungai.