Bupati Asmat Ajak Tenaga Kesehatan tubuh Semangat Layani Masyarakat

bupati-asmat-ajak-tenaga-kesehatan-semangat-layani-masyarakat-1
Apr 14 2021
Kenneth Ross

ASMAT
Tumenggung Kabupaten Asmat Elisa Kambu mengajak tenaga kesehatan (Nakes) semangat memberi pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Propaganda Bupati Elisa Kambu disampaikan saat meresmikan pusat kesehatan tubuh masyarakat (Puskesmas) berkontruksi semen di Kampung Binam Provinsi Suator pada Rabu, (14/4/2021).

Dalam peresmian, Bupati Elisa Kambu didampingi Kapolres Asmat AKBP. Dhani Gumilar, Kepala Distrik Suator Samuel C. Jansenem, Danramil 1707-20/Suator Kapten. Inf. Kateni, serta Kapolsek Suator Iptu Sudirman. Acara dihadiri juga kepala kampung, tokoh keyakinan, tokoh adat dan seruan terkait lainnya.

Ia juga mengimbau, biar para nakes melayani tanpa kecuali. “Layani mereka tanpa terkecuali, baik layanan kesehatan untuk ibu hamil, anak-anak, orang tua lanjut leler dan sebagainya, ” sirih Bupati.

Elisa Kambu juga berpesan agar semua pihak bisa memelihara dengan baik gedung Puskesmas yang baru saja diresmikan tersebut. “Diharapkan jaga gedung ini untuk tetap datang kokoh, tidak semua daerah di Asmat mendapat Puskesmas dengan kontruksi beton, ” ujar Elisa.

Baca Juga:

Elisa Kambu juga mengimbau pada masyarakat, agar jika sakit lekas datang ke Puskesmas dan memeriksakan diri. Ia mengajukan agar warga tidak menunggui hingga parah, baru muncul ke Puskesmas.

Orang nomor satu dalam Asmat ini menyampaikan, pemerintah sudah menyiapkan fasilitas kesehatan tubuh hingga tenaga kesehatan. “Tinggal masyarakat sadar akan penyajian kesehatan, sakit apapun itu datang ke Puskesmas, nanti para perawat akan layani sesuai derita yang dirasakan, ” tuturnya.

Dengan fasilitas dan servis tersebut, Elisa Kambu, berniat warga tetap sehat, serta jauh dari penyakit.

“Apalagi anak-anak muda kita harus tetap bugar, dan mampu didorong belajar, karena solusi mengubah tumbuh kita hanya menempuh pendidikan, ” ucapnya.

Di sela itu, Kepala Puskemas Binam Maria Rebeka Rahail menambahkan Puskesmas Basim melayani dua distrik yaitu, Distrik Suator dan Negeri Joutu, Kabupaten Asmat.

“Setiap kamar sekali kami lakukan penyajian pusat kesehatan keliling (Pusling) untuk warga di kedua distrik setempat, ” ujarnya.

Ia serupa menyampaikan walaupun serba terpatok, kata Kapus Binam, para tenaga kesehatan tetap memberi pelayanan semaksimal mungkin buat warga.

“Di Puskemas Binam ada 38 tenaga kesehatan, ASN 20 dan satu dokter serta sisanya perawat kontrak, ” katanya.

Dijelaskan, kekompakan tim dalam penyajian tetap berjalan. Namun begitu ia berharap agar bagian obat-obatan ke Puskesmas dipercepat.

“Karena di beberapa bulan terakhir, kunjungan warga ke Puskesmas sangat banyak, maka itu stok obat-obat harus tetap ada, sehingga mampu melayani warga secara baik, ” tutur Kapus Binam.