Dua Bulan TC di Kroasia, Itu Kata Pemain Soal Timnas U-19

Dua Bulan TC di Kroasia, Itu Kata Pemain Soal Timnas U-19
Oct 25 2020
Kenneth Ross

JAKARTA kepala Tim nasional Indonesia U-19 menutup pemusatan latihan di Kroasia, Minggu (25/10/2020). Dalam dua bulan terakhir, skuad Garuda Muda tidak hanya digembleng dengan latihan intensitas tinggi baik dari aspek teknik namun serupa fisik.

Tidak hanya itu, skuad besutan pelatih Shin Tae-yong itu juga menjalani 11 pertarungan ujicoba dengan tim-tim Eropa serta Asia. Hasilnya, Witan Sulaeman dkk mendulang lima kemenangan, tiga kali imbang, dan tiga kali tangan.

Dua laga uji coba pertama dilalui Garuda Muda dengan kekalahan saat melawan Bulgaria dan Kroasia. Namun setelah itu, secara perlahan, performa tim Merah Putih perlahan menanjak seiring peningkatan kebugaran wujud.

Baca juga: Pemain Terinfeksi Covid-19, Federasi Filipina Ditunda

Menangkap Juga:

Langsung, bagaimana pendapat pemain setelah menjalani dua bulan pemusatan latihan dalam Kroasia? Kapten timnas U-19 David Maulana menyatakan, meski penampilan tim sudah meningkat, namun pemain tak boleh cepat puas.
Alasannya, kualitas lawan pada dua medan yang akan diikuti yakni Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 jauh lebih tinggi dibanding laga uji coba selama pada Kroasia.

“Alhamdulillah kami sudah menjalani dua bulan awak menjalani TC di Kroasia. Penuh manfaat, pengalaman dan pelajaran dengan kami dapatkan disini. Kami menikmati tim semakin kompak, solid dan matang, ” kata David Maulana dilansir laman PSSI, Minggu (25/10/2020).

Senada dengan David Maulana, winger timnas U-19 Witan Sulaeman mengakui jika dirinya dan rekan-rekannya mengalami peningkatan dalam hal kepandaian saat di lapangan. Hal itu karena para pemain terus bersakitsakit, fokus, dan berjuang saat latihan maupun bertanding.

“Pelatih memberikan penuh materi latihan dan fokus buat mengikuti arahannya. Tapi kami sedang ada kekurangan dan evaluasi buat tim. Untuk itu, kami harus cepat perbaiki dan selalu berlelah-lelah, ” kata pemain asal perkumpulan Serbia, FK Radnik Surdulica.

Sesuai jadwal, skuad timnas U-19 akan bertolak dari Zagreb, Kroasia pada Senin (26/10/2020) malam. Garuda Muda akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Selasa (27/10/2020) malam.