Gojek Bantu UMKM Kota Bandung Lewati Krisis Akibat Pandemi

Gojek Bantu UMKM Kota Bandung Lewati Krisis Akibat Pandemi
Oct 09 2020
Kenneth Ross

BANDUNG – Keberadaan ekosistem ekonomi digital Gojek dinilai mampu menganjurkan kontribusi terhadap ketahanan ekonomi di Kota Bandung selama pandemi COVID-19.

Bahkan, GoFood menjadi peyangga ekonomi warganya yang terdampak pandemi, terutama pekerja swasta dan profesional.

Hasil penelitian terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia berjudul, “Peran Ekosistem Digital Gojek di Ekonomi Bandung Sebelum dan Zaman Pandemi COVID-19” menyebut, solusi teknologi dan non-teknologi yang ditawarkan Gojek membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) beradaptasi, sehingga bisa bertahan di pusat pandemi. (BACA JUGA: Direktur Televisi Swasta Tewas Setelah Alami Kesialan Tunggal)

Selain berdiam di tengah pandemi, berkat penyelesaian yang ditawarkan Gojek, para pelaku UMKM di Kota Bandung juga dinilai tetap optimistis bertumbuh ke depannya, salah satunya melalui kemudahan migrasi UMKM dari offline ke online atau mempercepat UMKM untuk go digital.

Baca Pula:

Dr. Alfindra Primaldhi, peneliti Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEBUI) menjelaskan riset tersebut menunjukkan pentingnya peran ekosistem ekonomi digital dalam membantu UMKM, khususnya usaha mikro untuk bertahan di masa pandemi. Pandemi menurutnya menjelma ujian ketahanan dan kemampuan para-para pelaku usaha di masa gawat.

Salah satu penyesuaian itu, kata Alfrinda, adalah adanya perubahan usaha dari yang sebelumnya tradisional menjadi digital. Berdasarkan penelitian tersebut, tampak pula bahwa para-para pelaku usaha cukup realistis tahu dampak panjang dari pandemi. (BACA JUGA: Klarifikasi Kapolrestabes Bandung terpaut Insiden Kekerasan di Kampus Unisba)

“Akan tetapi, itu juga tetap optimis bahwa dengan berada dalam suatu ekosistem digital, usaha mereka dapat tetap muncul ke depannya dan penghasilan mereka kembali seperti sebelum pandemi, ” ujar Alfindra dalam keterangan resminya, Jumat, 9 Oktober 2020.

Buatan riset LD FEBUI juga membuktikan bagaimana GoFood menjadi penyangga ekonomi di Kota Bandung bagi mereka yang penghasilannya terdampak pandemi, pertama pekerja swasta dan profesional.