Gowes London-Oxford Sambil Galang Sokongan untuk Korban Pandemi

gowes-london-oxford-sambil-galang-dana-untuk-korban-pandemi-1
Sep 26 2021
Kenneth Ross

JAKARTA – Setelah sukses menggalang dana (charity ride) ke Cambridge dua pekan lalu, kini Pesepeda Indonesia pada London menyambangi Oxford. Tepatnya di Universitas Oxford tempat kelahiran vaksin Oxford- AstraZeneca.

“Welcome to Oxford, Ride for Indonesia”, demikian bunyi poster dibawa warga Indonesia yang menunggu di Radcliffe Square, pada jantung Kota Oxford. Pertimbangan hangat dari komunitas Indonesia di Oxford, Inggris, melengkapi kebahagiaan para pesepeda Ride For Indonesia.

Rute sejauh 110 kilometer itu mengambil awal di Hyde Park, pada pusat Kota London serta finish di Radcliffe Square, Kota Oxford pada Sabtu sore (25/9/2021) di introduksi musim gugur. Di sini, 15 pesepeda yang tergabung dalam Ride for Indonesia itu disambut hangat sebab warga Indonesia yang status di kota tersebut.

“Senang dan angkuh Oxford dipilih sebagai lengah satu kota tujuan kegiatan amal untuk membantu saudara-saudara kita di Indonesia dengan terdampak pandemi Covid-19, ” kata Sukarni Wheeler, awak Indonesia yang telah periode menetap di Oxford.

Sukarni yang main di Universitas Oxford tersebut sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Ride for Indonesia itu. Ride for Nusantara adalah kegiatan amal dengan dilakukan warga Indonesia di London dan lembaga sandaran (charity organisation) Human Aid Initiative (HAI) untuk menggalang dana membantu masyarakat di Indonesia yang terdampak pandemi, dengan bersepeda dari London ke berbagai kota pada Inggris.

Baca juga: Ride for Indonesia, WNI di Inggris Bersepeda Galang Dana untuk Indonesia

Setelah sebelumnya ke Brighton dan Cambridge, Oxford dipilih oleh tim Ride for Indonesia karena sebangun dengan upaya penanggulangan pandemi. “Oxford, atau tepatnya Universitas Oxford bisa dikatakan jadi tempat kelahiran vaksin Covid-19. Kita tahu bahwa vaksin Oxford-AstraZeneca dikembangkan di sini dan sudah banyak dipakai di berbagai negara, “ kata Wahyu Hansudi, motor Ride for Indonesia.

Wahyu melahirkan seluruh dana yang digalang melalui plaftorm crowdfunding JustGiving dan Solusi Peduli diperuntukkan bagi masyarakat di Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19. Hendra Sjamsir, salah satu peserta mengatakan kegiatan amal sesuai ini adalah salah satu cara efektif untuk menggalang sedekah.

Shandy Adiguna, peserta lain, mengatakan crowdfunding sangat memudahkan untuk memberikan bantuan. “Kami meminta kontribusi ini bisa meluluskan kemanfaatan, ” kata Shandy.