IHSG Ada Peluang Balik ke Level 6. 000, Pelototin Saham Ini

ihsg-ada-peluang-balik-ke-level-6-000-pelototin-saham-ini-1
Jul 15 2021
Kenneth Ross

JAKARTA semrawut Indeks Harga Saham Ikatan (IHSG) berpotensi alami penguatan pada perdagangan hari itu. Pergerakan indeks akan berharta di kisaran 5. 951-6. 018.

Menangkap Juga: MNC Sekuritas: Tersebut 3 Ciri Saham Setimpal Ditabung Jangka Panjang

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Perlawanan mengatakan, secara teknikal IHSG bergerak bearish break out support psikologis 6. 000, namun tertahan di golongan support MA50 dan lower bollinger pada level 5. 981 sehingga pergerakan berpeluang mencoba bertahan dan balik di level psikologis.

“Indikator stochastic dan RSI bearish momentum menjelma pemberat pergerakan. Sehingga dengan teknikal IHSG bergerak memeriksa bertahan pada perdagangan kemudian dengan support resistance 5. 951-6. 018, ” perkataan Lanjar dalam risetnya, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga:

Saham -saham yang dapat dicermati secara teknikal di antaranya; AGII, AKRA, ASSA, BFIN, BSDE, JPFA, JSMR, KLBF, MAPI, MEDC, MNCN, WSBP, WTON.

Sebelumnya, IHSG ditutup turun 32, 82 pokok atau 0, 55% ke level 5. 979 setelah bergerak cenderung dizona minus sejak awal sesi perniagaan. IHSG bergerak break out level psikologis 6. 000 dengan saham-saham berkapitalisasi tumbuh menjadi leader pelemahan serupa BBRI, ASII, BBCA, HMSP, BMRI dan ICBP.

Indeks sektor teknologi (+1. 33%) dan zona kesehatan (+0. 89%) terbang gagal menahan pelemahan IHSG yang tertekan oleh daerah Industri (-2. 47%) dan Property (-1. 52%). Investor mempertimbangkan kenaikan inflasi AS terhadap kapital outflow dengan akan terjadi mengiringi kemerosotan kepercayaan investor akibat kejadian covid-19 yang meluas.

Sementara itu, mayoritas indeks saham Asia ditutup melemah. Indeks Nikkei (-0. 38%), TOPIX (-0. 23%), HangSeng (-0. 63%) serta CSI300 (-1. 15%) turun cukup pesimistis di pusat perkembangan covid-19 di Asia yang terus melonjak serta aksi tunggu investor kepada data pertumbuhan PDB kuartal kedua di Tiongkok

Bursa Eropa dibuka melemah dengan indeks Eurostoxx (-0. 06%), FTSE (-0. 41%), DAX (-0. 14%) dan CAC40 (-0. 19%) turun mengiringi pelemahan pasar uang Asia. Pelemahan dipimpin oleh perusahaan utilitas dan perjalanan dan liburan. Pound terangkat dan emas turun setelah harga konsumen Inggris meningkat lebih dari ekspektasi analis pada bulan Juni.

Membaca Juga: IHSG ‘Kebakaran’, Saham Farmasi dan Telekomunikasi Langgeng ‘Adem’

Angka inflasi GANDAR Juni pada hari Selasa melampaui semua perkiraan dan menunjukkan biaya yang lebih tinggi terkait dengan introduksi kembali dari pandemi.

Pejabat Fed mengatakan, mereka memperkirakan tekanan seolah-olah itu bersifat sementara, namun beberapa komentator melihat risiko kenaikan yang lebih awet lama yang dapat memaksa pengurangan stimulus yang bertambah cepat dari perkiraan.

Selanjutnya investor mau menanti Keputusan moneter Bank of Korea, PDB kuartal kedua China, indikator ekonomi utama, Ketua Federal Total Jerome Powell muncul di hadapan Komite Perbankan Kongres untuk menyampaikan Laporan Kebijaksanaan Moneter semi-tahunan kepada Konvensi.