Jerome Powell Pidato Pekan Aliran, Waspadai Tapering The Fed!

jerome-powell-pidato-pekan-depan-waspadai-tapering-the-fed-1
Aug 22 2021
Kenneth Ross

WASHINGTON – Gubernur Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell dijadwalkan akan mengantarkan pidatonya perihal prospek ekonomi Amerika Serikat pada pekan depan dalam simposium yang digelar di Jackson Hole, Wyoming, Amerika Serikat.

Adapun pengumuman ini disampaikan oleh Federal Reserve dalam Kamis lalu (19/8) dalam mana Powell akan menyampaikan pidatonya secara virtual.

Baca Selalu: Taliban Berkuasa, BIN Silakan Perhatian Khusus Keamanan WNI di Afghanistan

Secara batas besar, pidato dari adam yang akrab dipanggil ‘Jay’ yang sering dinanti pelaku pasar ini berisi mengenai ‘Tinjauan Kerangka Kebijakan Moneter’ dengan fokus ke kasus strategi pemulihan ekonomi.

Memanti Ajaran Pidato Gubernur The Fed
Melansir Reuters , Jumat (20/8/2021), investor dan analis masih belum menemukan petunjuk akan ke mana pedoman pembicaraan Powell nantinya. Analis memperkirakan pemimpin Fed ke-16 akan menyusun roadmap tentang rencana penyelenggaraan tapering (pengurangan nilai pembelian aset) lebih cepat, sejalan dengan pertolongan dari sejumlah pejabat Fed lainnya yang membaca bahan inflasi terakhir.

Di lain kesempatan Powell pernah menepis bahwa pengajian terkait inflasi dan muslihat mengatasinya masih bersifat tatkala. Artinya, masih ada surat AS yang belum dikeluarkan oleh pria berusia 68 tahun tersebut.

Baca Juga: Osama bin Laden Pernah Ramalkan Biden Jadi Presiden dengan Giring AS ke Gawat

Sebelumnya anggota komite pemilik hak suara dalam Federal Open Market Komite (FOMC) menyepakai langkah the Fed untuk segera melakukan tapering, dengan memakai dua alasan yaitu: (1) target inflasi telah tercapai, (2) perbaikan pasar tenaga kerja telah maksimal. Mengingat neraca The Fed yang telah mencapai USD8, 3 triliun, khotbah ‘bos’ The Fed dimungkinkan menjadi penting bagi investor.