Kegiatan Belanja Online Fashion Jadi Penolong UMKM di Masa COVID-19

Kegiatan Belanja Online Fashion Jadi Penolong UMKM di Masa COVID-19
Oct 13 2020
Kenneth Ross

JAKARTA Pandemik COVID-19 berimbas ke segala sektor kehidupan masyarakat, terutama sektor ekonomi dengan sangat memukul para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) . (Baca selalu: Akademisi Nilai UNDANG-UNDANG Cipta Kerja Memudahkan UMKM )

Ibarat bunga dengan layu sebelum berkembang, sektor UMKM harus berjuang ekstra keras serta kreatif agar dapat bertahan pada masa penuh ketidakpastian ini.

Salah satu UMKM yang berkontribusi besar di zona ekonomi kreatif adalah fashion . Sampai akhir 2019, industri busana dan tekstil ( fashion ) turut andil menyumbang 18% dari perolehan negara.

Prediksi kontraksi ekonomi kreatif ini diperkirakan mulai terlihat dari pertumbuhan pada kuartal I/2020, di mana penggunaan dari pakaian -yang merupakan komponen utama dari fashion- mengalami kontraksi -3, 3% year on year.

Baca Serupa:

Produk-produk fashion , serta brand lokal mengalami penurunan penjualan sebagai akibat menurunnya daya beli, dan modifikasi kebutuhan masyarakat. Melihat hal tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM ( Kemenkop dan UKM ) bekerja sama dengan Shopee, mengadakan even yang bertujuan memajukan penjualan para produsen, pengusaha, & penjual produk busana di Indonesia.

Tercatat sebanyak 100 UMKM sub sektor fashion ikut pungut bagian dalam acara ini. Total UMKM tersebut merupakan hasil kurasi dari ribuan UMKM yang tercatat di Kemenkop.

“Lewat acara ini Kemenkop berkomitmen buat membantu UMKM, khususnya di tempat fashion, agar bangkit kembali di pusat kendala seperti saat ini. Karena kami yakin, fashion lokal sangat berpotensi menjadi penggerak perekonomian nasional, ” papar Victoria br Simanungkalit, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM.

Acara yang diberi titel Adiwarna Nusantara ini, merupakan even Festival Belanja Online dengan akan digelar mulai 19 Oktober-9 November 2020.