Kejadian Covid-19 Lampaui China, Reisa Sejumlah Jangan Bandingkan Angka

Kejadian Covid-19 Lampaui China, Reisa Sejumlah Jangan Bandingkan Angka
Jul 20 2020
Kenneth Ross

loading…

JAKARTA – Awak Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan data kasus Covid-19 di setiap negara berubah segera. Bahkan, data kasus positif dalam Tanah Air saat ini melebihi China sebagai negara pertama ditemukan kasus Covid-19.

“Data kasus perhari tiap negara cepat berganti, saat ini bisa jadi dengan tertinggi besok bisa sukses menahan penularan. Semua tergantung kerjasama semua komponen bangsa, ” kata Reisa di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Senin (20/7/2020).

Mengucapkan Juga:

(Baca: Lebih 14 Juta Terinfeksi Covid, Dokter Reisa: Siapapun Berisiko Tertular)

Reisa pun menegaskan kalau melawan Covid-19 bukan dengan mengumpamakan angka kasus di setiap negeri. “Cara kita memenangi perang melayani Covid-19 bukanlah dengan membandingkan angka-angka yang cepat berubah. Bahkan bisa tidak valid lagi dalam hitungan jam atau hari. Cara ulung adalah tetap optimistis dan damai bergotong royong, ” tegasnya.

Ia pun menyerahkan contoh wilayah-wilayah di Tanah Cairan yang sukses menekan angka penambahan kasus Covid-19. “Masyarakat Aceh mampu, masyarakat Bintan bisa, Gorontalo bisa, Daerah Istimewa Yogyakarta bisa, Maluku dan Papua merupakan contoh itu bisa, ” ujar dia.