Lansia di Barak Pengngsian Glagaharjo Keluhkan Sakit Hipertensi

Lansia di Barak Pengngsian Glagaharjo Keluhkan Sakit Hipertensi
Nov 14 2020
Kenneth Ross

SLEMAN – Warga Kalitengah Lor, Cangkringan, Sleman yang sekarang beruang di barak pengungsian Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, terutama para lanjut piawai (lansia) mulai mengeluhkan sakit. Bagaikan hipertensi, pilek dan pegal-pegal. Namun semua keluhan tersebut bisa ditangani oleh tim medis di posko kesehatan dan tidak ada dengan dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Kepala Dinas Ksehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan daripada data terakhir, dari awal memasukkan barak, Sabtu (7/11/2020) sore had Jumat (13/11/2020) sore, tercatat tersedia 93 pengungsian, yang memeriksakan kesehatan ke Posko kesehatan atau rata-rata 10 orang per hari. (Baca juga: Puluhan Lansia Turut Ramaikan Peringatan HKN pada Sinjai)

Buat keluhan sakit seperti hipertensi, radang selaput lendir dan pegal-pegal. “Para pengungsi dengan mengeuhkan sakit itu kebanyakan lansia, ”kata Joko usai peringatan HKN ke 56, di komplek candi Ratu Boko, Prambanan, Sleman, Sabtu (14/11/2020).

Menurut Joko, untuk penanganan kesehatan pengungsi tunggal hingga sekarang masih dapat terkondisikan. Indikasinya semua keluhan tersebut, seluruh dapat ditangani oleh tim medis di Posko Kesehatan, sehingga tak ada yang dirujuk ke sendi sakit.

Baca Juga:

Hal yang sama diungkapkan tim medis Posko kesehatan barang pengungsian Glagaharjo, Khalis. Ia mengatakan untuk memastikan kesehatan para pengungsi ini, posko kesehatan siaga 24 jam dengan aparat bergantian. Selain itu juga melaksanakan pengecekan kesehatan keliling di mes. Dari pemeriksaan para lansia mengeluhkan sakit hipertensi dan pegal-pegal. (Baca juga: HKN Momentum untuk Produktif dan Aman sejak Covid-19)

Tercatat ada 3 orang dengan kekacauan jiwa (ODGJ). Namun semua mampu tertangani dan terkontrol. “Untuk penanganan kesehatan para pengungsi ini awak juga dibantu para psikolog, ” paparnya melalui live striming era peringatan HKN ke-56 di komplek Candi Ratu Boko, Prambanan, Sleman, Sabtu (14/11/2020).