Milenial Harus Manfaatkan Teknologi Digital untuk Kegiatan Produktif

milenial-harus-manfaatkan-teknologi-digital-untuk-kegiatan-produktif-1
Aug 07 2021
Kenneth Ross

JAKARTA – Generasi masa kini atau milenial dianggap depan dengan teknologi. Ada nama yang disematkan pada generasi ini yakni generasi tech savvy (melek teknologi). Itu diklaim lebih menguasai teknologi dibandingkan generasi sebelumnya karena lekat dengan penggunaan gadget, smartphone, laptop, dan perangkat lainnya.

Klaim kalau generasi milenial lebih terbuka teknologi juga didasarkan dalam kemampuan mereka untuk membuat konten dengan memanfaatkan maklumat digital. Seperti media sosial maupun aplikasi yang dikembangkan oleh app developer ataupun web developer.

Pakar bisnis dan pemasaran Yuswohady mengakui, era modern saat ini tidak mampu dilepaskan dari teknologi. Teknologi sudah seperti kebutuhan pokok karena hampir semua orang saat ini sudah memiliki telepon pintar, memakai permintaan digital, dan lainnya.

Baca serupa: Milenial Kesulitan Kelola Keuangan Saat Pandemi? Ini Solusinya!

Managing Partner Inventure itu berpandangan bahwa istilah tech savvy saat ini lebih layak disematkan ketika teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) seperti virtual reality (VR) atau augmented reality (AR) hadir. Sementara media sosial bukan lagi tech savvy karena sudah lumrah digunakan mayoritas karakter dan dianggap sudah pokok.

“Pengguna teknologi digital saat ini di dua kelompok berdasarkan bahan penggunaan atau pemanfaatannya. Baru, untuk kegiatan produktif kaya bisnis, pendidikan, dan lainnya. Sisanya adalah nonproduktif laksana mencari hiburan, bergaya, dan lainnya, ” tegasnya pada Jakarta kemarin.

Dia menilai, ada yang kreatif dan jeli di dalam memanfaatkan teknologi digital untuk kegiatan produktif. Namun, jumlahnya masih sedikit, sebagian mulia masih menggunakan teknologi buat bersenang-senang.

Karena itu, agar sebutan tech savvy tetap tersemat pada generasi milenial, diperlukan kiprah yang lebih gembung lagi untuk menghadirkan karya-karya kreatif yang bermanfaat & memberikan kontribusi kepada masyarakat. Sebab, saat ini kreativitas generasi tech savvy tersebut masih sebatas menghasilkan konten di platform media baik.

Baca juga: Startup Diajak Galang Dana Bantu Lawan Corona