Musim Hujan, Volume Sampah di Cengkareng Drain Naik 15 Kali Lipat

Musim Hujan, Volume Sampah di Cengkareng Drain Naik 15 Kali Lipat
Oct 05 2020
Kenneth Ross

JAKARTA porakporanda Volume sampah di sejumlah kali dalam Jakarta Barat mengalami peningkatan 15 kali lipat dibandingkan dengan musim besar. Peningkatan volume sampah ini diyakini akibat hujan keras yang mengguyur Pokok Kota pada Minggu, 5 Oktober 2020 malam.

Pandangan SINDOnews pada Senin (5/10/2020) dalam Cengkareng Drain, Cengkareng, Jakarta Barat, robot jaring sampah beroperasi semenjak pagi, di samping robot terang sejumlah truk mengantre mengangkut sebesar sampah. Cengkareng drain sendiri menjadi muara tiga kali, yakni Kala Mookevart, Kali Angke, dan Kala Pesanggarahan.

Iklim jauh lebih buruk terjadi pada Banjir Kanal Barat, dekat Season City, Tambora, Jakarta Barat. Tandingan sampah terlihat di kawasan tersebut, menggunakan pelampung, sampah kemudian sengaja di halau sebelum masuk laut. Petugas Kebersihan UPK Badan Tirta, Endriyanto mengatakan, semenjak musim hujan, sampah di sini mengalami penambahan hingga 15 kali lipat.

Untuk mengakut sampah dua alat berat disediakan pada kawasan itu melakukan pengakutan bergantian. “Sejauh ini sudah keangkut mencapai 63 m3, ” kata Endriyanto, Jumat (5/10/2020) siang. (Baca: Kali dan Saluran Air Sedikit Jadi Penyebab Genangan di Jakarta)

Baca Juga:

Untuk mempercepat pengangkutan, 10 petugas termasuk dua operator alat berat bekerja mengangkut kotor ke tiga unit truk besar. “Sampah sudah terangkut menuju ke TPST Bantar Gebang, kegiatan sedang berlangsung dan volume sampah sedang akan bertambah lagi yang diangkut oleh kendaraan truck bantuan dibanding kecamatan lain, ” ujarnya.

Endriyanto menjelaskan sampah yang menggunung di sana merupakan peristiwa yang normal dan biasa terjadi saat penghujan. Namun bila dibandingkan dengan musim kemarau, peningkatan disana mencapai 15 kali lipat sejak hari biasanya. “Sampah sendiri didominasi Kantong plastik, Batang bambu, semak, kasur, sofa, dan masih banyak yang lainnya, ” ucapnya.