Pantau Vaksinasi di ITS, Wagub Emil Harap Dapat Tingkatkan Produktivitas Akademisi

pantau-vaksinasi-di-its-wagub-emil-harap-dapat-tingkatkan-produktivitas-akademisi-1
Aug 02 2021
Kenneth Ross

SURABAYA porakporanda Untuk memastikan percepatan capaian vaksinasi di Jawa Timur (Jatim), utamanya di kalangan civitas kampus, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak memantau kegiatan vaksinasi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, di Graha ITS Surabaya, Minggu (1/8/2021).

Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan 31 Juli hingga 3 Agustus 2021 ini membidik 6. 000 peserta. Mereka terbagi atas civitas kampus, keluarga alumni ITS Surabaya, para mahasiswa serta bangsa di lingkungan sekitar kampus.

Wagub Emil menyampaikan, bahwa kedatangannya itu juga untuk mendukung spirit warga di luar kampus mengikuti kegiatan vaksinasi. “Bapak dan Ibu kos pula diperhatikan. Nah, ini perlu diapresiasi, dimana ini menjadi upaya serentak untuk memacu capaian vaksinasi di Jatim. Selain itu kolaborasi yang dilakukan juga dengan Husada Utama dan Rumah Melempem Unair, khususnya dukungan gaya kesehatan, ” ujar Emil.

Baca pula: Dongkrak Pendonor Plasma, Organisasi Pemuda Ini Beri Mata Uang Tunai dan Voucher Belanja

Lebih lanjut emil memberikan, bahwa sinergitas kegiatan tersebut tidak hanya sebagai percepatan vaksinasi saja. Namun pula untuk meningkatkan produktivitas akademisi. Menurut Emil, hal tersebut dibutuhkan para akademisi agar terlindungi di masa pandemi. Pemprov Jatim, kata tempat, terus menggenjot kegiatan vaksinasi di lingkungan civitas kampus di Jawa Timur.

Pihak kampus mengusulkan kepada pemerintah. Karena saat ini masih menjalani keterbatasan supplay vaksin, maka Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim lebih memprioritaskan vaksin untuk dosis kedua.

“Kita ingin menekankan, dasar vaksin ingin memaksimalkan jangkauan, kita tahu dengan keterbatasan. Sehingga pengiriman kita bertambah diutamakan untuk mengisi jumlah kedua. Tanggal 30 Juli kemarin kita dapat bingkisan vaksin dan sudah didistribusikan ke Dinkes di segenap Jatim, ” jelasnya.

Emil memasukkan, datangnya vaksin tersebut tidak hanya untuk dosis ke-2 saja, tetapi juga ada tambahan untuk dosis pertama. Dimana tambahan vaksin baru yang datang ialah Astra Zeneca, dan saat itu vaksin yang datang yakni Sinovac. “Kedepannya, Pemprov Jatim juga akan memperluas vaksinasi yang diselenggarakan kampus, ” tandasnya