Pemprov DKI Terima Bantuan 100. 000 Masker dari Gemas

Pemprov DKI Terima Bantuan 100
Sep 30 2020
Kenneth Ross

JAKARTA – Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta menerima bantuan 100. 000 lembar masker dari Gerakan Memakai Kedok Gratis (GEMAS). Bantuan masker tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Ibu Kota.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, memimpin kegiatan penyerahan bantuan tersebut secara virtual. Ikut bersama Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto dan Besar Biro Kerjasama Daerah Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, pada Selasa (29/9/2020).

Ariza mengapresiasi upaya bantuan dari GEMAS karena telah ikut membantu negeri dalam berkolaborasi mengampanyekan gerakan memakai masker untuk menumbuhkan kesadaran klub. (Baca juga; HUT ke-75 KAI, PT KAI Daop 1 Jakarta Tebar Ribuan Kedok dan Hand Sanitizer)

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi untuk GEMAS yang telah memberikan masker non medis. Mudah-mudahan gerakan seperti GEMAS itu mulai banyak dan hadir untuk sama-sama bersinergi positif menangani dan menekan dampak dari pandemi ini, ” ujar Ariza.

Baca Pula:

Politisi Golongan Gerindra itu menambahkan, Pemprov DKI Jakarta juga telah mengeluarkan pekik agar selalu konsistem melaksanakan 3 M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak) dalam setiap aktivitas. Selain itu, Pemprov DKI juga konsisten untuk terus melangsungkan kewajiban sebagai pemangku kebijakan yakni melakukan 3 T (Testing, Tracing, dan Treatment) lsecara massif, beserta meningkatkan dukungan kapasitas berbagai sarana kesehatan.

Sementara itu, Direktur Gerakan Memakai Masker Grafis (GEMAS), Wanda Ponika menyatakan, agenda pembagian masker gratis tersebut dikerjakan karena Jakarta saat ini menjadi salah satu wilayah yang diprioritaskan untuk diberikan bantuan masker gratis bersandarkan data statistik. (Baca juga; SNI Masker Kain Manasuka Bukan Wajib, Kalau Mau Sertifikasi ke Mana Ya? )

“Masker yang dibagikan adalah masker kain non-medis dengan dapat digunakan secara berulang, namun tetap dapat melindungi dari penularan virus. Selain itu masker kain dapat dicuci dan digunakan balik. Program GEMAS ini nantinya mau membagikan masker kepada jutaan kelompok Indonesia yang membutuhkan secara percuma, ” ujar Wanda.

Wanda selalu menjelaskan saat ini masker kain GEMAS telah dibagikan langsung sebab relawan di lapangan bersama NGO, TNI AD, dan Komunitas jarang lain Anak Indonesia Bersatu, Dompet Dhuafa, Kodim Jakarta Barat, GMI Jakarta, Komunitas Slankers, Asensi, Publik Spedox Surabaya, Korlantas Polri, Polda Metro Jaya, Kerabat KOTAK Indonesia, Bali Beachwalk, fX Sudirman, Park23, Plaza Indonesia, Pemprov Jawa Timur, Pemprov Banten dan lain-lain.

“Total Masker yang telah didistribusikan lebih dari 3, 5 juta ke seluruh Indonesia. Kedok merah putih dari GEMAS itu dipakai oleh banyak influencer desa air seperti Raffi Ahmad, Maia Estianty, Cinta Laura, Baim Manusia, Ari Lasso, Prilly Latuconsina, serta Kaesang Pangarep. Para influencer itu ikut mengampanyekan pentingnya memakai kedok kain terutama di saat pandemi, ” tegas Wanda.