Pentingnya Mengajarkan Anak Menjaga Lisan

Pentingnya Mengajarkan Anak Menjaga Lisan
Oct 20 2020
Kenneth Ross

Salah satu akhlak yang paling penting adalah menjaga lisan . Makin, dapat kita katakan bahwa orang yang ingin mendapatkan dan meraih akhlak mulia ini, salah mulia kiatnya adalah dimulai dari memelihara lisan.

Menjaga lidah adalah pintu gerbang akhlak mulia. Orang yang bisa menjaga lisannya, maka dia akan mudah untuk mengambil akhlak-akhlak mulia lainnya, tapi karakter yang tidak bisa menjaga lisannya, maka dia akan susah buat mendapatkan atau meraih akhlak-akhlak fadil yang lain.

(Baca juga: Dibalik Gayanya Ternyata Berbahaya)

Kebanyakan bani adam itu musibahnya dari lisannya. Tenggat ada peribahasa “Mulutmu harimaumu”. Artinya yaitu bahwa bahaya lisan tersebut sangat mempengaruhi kesibukan seseorang dan mempengaruhi akhlak-akhlaknya yang lain. Kita mampu lihat orang yang tidak mampu menjaga lisannya, bagaimana akhlaknya?

Baca Juga:

Maka dari itu, ini selalu harus kita tanamkan kepada anak-anak kita sedari kecil. Bagaimana tempat bertutur kata, mengajarinya bagaimana mengangkat kata-kata yang baik.

(Baca juga: Mengenal 11 Pendapat Tentang Jilbab)

Menurut Ustadz Abu Ihsan Al Atsaary yang juga setia buku “Mencetak Generasi Rabbani” itu, setiap anak mempunyai kecerdasan emosional dalam bertutur kata, dia bisa menjaga kata-katanya ketika marah terutama. Karena orang bilang bahwa seseorang itu akan keluar aslinya kalau dia marah.

Dan kita tahu marahnya Nabi itu cuma dapat terlihat dari rona paras beliau. Beliau marah tapi tidak pernah mengeluarkan kata-kata yang keji ketika marah. Itu adalah cerminan karakter seseorang. Coba lihat waktu makan, apa yang dia ucapkan, barang apa yang terlontar dari lisannya? Kira-kira kita tidak sadar, tapi itulah sebenarnya kebiasaan orang itu. Tersebut yang tertanam pada dirinya.