Perdata! Musim Hujan Bikin Harga Tumbuhan Meroket

Perdata! Musim Hujan Bikin Harga Tumbuhan Meroket
Nov 02 2020
Kenneth Ross

JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) meminta pemerintah mewaspadai lonjakan kehormatan sayur mayur akibat terdampak iklim buruk di sejumlah daerah. Besar BPS Suhariyanto mengatakan, musim hujan berpotensi membuat lonjakan harga sayuran menyusul meroketnya cabai merah & bawang merah.

“Untuk padi nampaknya aman sampai akhir tahun, tapi untuk sayuran kalau kita tidak hati-hati bisa mengalami fluktuasi seperti yang terjadi pada bulan ini, yakni cabai merah & bawang merah itu makanya kita ingatkan, ” ujar Suhariyanto dalam video virtual, Senin (2/11/2020).

Baca Pula: Inflasi Oktober Sedikit Banyak Menunjukkan Permintaan Mulai Membaik

Menurut dia kenaikan harga pada cabai merah dan hati merah tersebut disebabkan cuaca yang tidak bersahabat. Adapun harga cili naik di 82 kota. “Jadi di sana curah hujan yang tinggi berdampak pada produksi serta kualitas cabai merah. Hal dengan sama juga terjadi pada bawang merah, ” tuturnya.

Menangkap Juga:

Saat ini, Indeks Harga Perdagangan Tinggi (IHPB) Umum Nasional naik sejumlah 0, 20% terhadap September 2020. Kenaikan IHPB tertinggi terjadi pada sektor Pertanian sebesar 0, 46%. Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Oktober 2020 jarang lain cabai merah, bawang merah, kelapa sawit, kelapa, daun bawang, minyak goreng, dan besi beton. Perubahan IHPB di tahun kalender 2020 adalah sebesar 0, 80% dan perubahan IHPB tahun ke tahun sebesar 1, 39%.

Baca Juga: Kerawanan Pengusaha ke Buruh, Pilih PHK Apa Upah Naik!

IHPB Bahan Bangunan/Konstruksi pada Oktober 2020 naik sebesar 0, 21% terhadap bulan sebelumnya, kurun lain disebabkan oleh kenaikan kehormatan komoditas besi beton, pipa PVC, lantai, batu bata, dan batu pondasi bangunan.