Puluhan Buaya Lepas ke Cisadane, Banksasuci Telusuri Sungai

Puluhan Buaya Lepas ke Cisadane, Banksasuci Telusuri Sungai
Nov 03 2020
Kenneth Ross

TANGERANG – Beredar kabar puluhan ekor buaya rawa lepas ke Sungai Cisadane, sehingga meresahkan warga di sekitar bantaran sungai. Penasihat Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Ade Yunus mengatakan, sejak kabar puluhan buaya rawa itu terlepas ke Sungai Cisadane, pihaknya langsung sisir sungai.

Kabar lepasnya puluhan buaya ini, beredar pada media sosial dan terkirim menggunakan pesan berantai WhatsApp (WA). Awak pun menjadi resah dengan fakta yang cepat beredar itu serta menyisir aliran Sungai Cisadane, Tanah air Tangerang.

“Alhamdulillah, seharian tadi susur sungai sampai ke Cisauk dan Cipeucang, tidak menemukan (buaya) yang ramai diperbincangkan, ” kata Ade, saat berbincang dengan SINDOnews, di Serpong, Selasa (3/11/2020).

Dia mengatakan, berdasarkan video pesan WA yang cerai-berai, tampak sejumlah buaya terlepas masuk ke dalam Sungai Cisadane. Buaya-buaya tersebut berukuran cukup besar. (Baca juga; Geger, Awak Rumpin Bogor Tangkap Buaya Sepanjang 2, 7 Meter)

Baca Juga:

“Hingga saat ini, belum ada pihak resmi penangkaran yang statement. Untuk itu, kita pastikan dengan susur sungai. Alhamdulillah, tidak menemukan buaya-buaya tersebut. Dari lokasinya, pas itu di Cisadane, ” paparnya.

Sepanjang yang dia ketahui, penangkaran buaya berada pada wilayah hilir setelah Pintu Cairan 10. Sedangkan di bagian hulunya, pihaknya tidak mengetahui jika ada penangkaran.

“Betul, akan tetapi kalau penangkaran yang kita cakap adanya dihilir setelah Pintu Minuman 10. Kalau yang di desa kita belum tahu, ” sambungnya. (Baca juga; Mandi di Sungai, Nelayan Labura Ditelan Buaya Ganas)

Sementara itu, Koordinator Tagana Kota Tangerang, Bondan Kurniawan mengatakan, kalau informasi tersebarnya sejumlah ekor buaya ini betul adanya. Dirinya pun memastikan kalau informasi itu akurat. “Ya, A1. Ada beberapa ekor buaya dalam Kali Cisadane karena terlepas lantaran penangkaran, ” tukasnya.