Sebanyak 41 Orang Meninggal akibat’ Beradu Liverpool vs Atletico Madrid

Sebanyak 41 Orang Meninggal akibat' Beradu Liverpool vs Atletico Madrid
May 24 2020
Kenneth Ross

loading…

LIVERPOOL berantakan Leg kedua babak 16 mulia Liga Champions 2019/2020 antara Liverpool kontra Atletico Madrid disebut membawa malapetaka. Akibat pertandingan itu dibiarkan terjadi, sebanyak 41 orang wafat terinfeksi virus corona.

Pertandingan yang berlangsung di Gelanggang Anfield, 11 April 2020, itu menjadi laga besar terakhir dengan digelar di Inggris sebelum negeri setempat menghentikan seluruh aktivitas gerak akibat pandemi virus corona. Kesimpulan membiarkan pertandingan itu ditonton 52 ribu orang dianggap sebagai blunder dan patut disesali.

Menurut data National Service Health (NHS), akibat pertandingan tersebut sebanyak 41 orang meninggal dunia. Kematian terjadi setelah priode 25 sampai 35 hari usai perlawanan berlangsung. Edge Health menelusuri sejarah orang-orang yang meninggal akibat terkena corona, dan mereka terhubung tepat dengan pertandingan itu.

Baca Juga:

“Edge Health, suatu kelompok yang menganalisis data NHS melalui pemodelan data, yakin kalau laga di Stadion Anfield mendatangkan kematian tambahan (dari total urusan covid-19, red) sebanyak 41 karakter, ” tulis Sunday Times dalam laporannya, Minggu (24/5/2020).

Pada saat pertandingan berlangsung, sendat laporan itu, terdapat 100 ribu kasus corona yang belum teridentifikasi. Tanpa disadari, ketika virus tersebut sudah menginfeksi Inggris, orang-orang sedang menyerbu stadion, mall, sekolah, serta beraktivitas sebagaima biasa.

Soal pertandingan Liverpool vs Atletico, bulan lalu Walikota Madrid, Jose Luis Martinez-Almedia, menyebut tersebut sebagai sebuah kesalahan besar. Kepada stasiun radio Spanyol, Onda Cero, Martinez-Almedia mengatakan jika pada zaman itu pemerintah Inggris tidak terlambat menutup aktivitas masyarakat, mungkin penyebaran virus di Inggris dan Spanyol bisa ditekan.

“Tidak masuk akal ketika tersebut 3 ribu suporter Atletico Madrid dapat melakukan perjalanan ke Anfield. Itu adalah sebuah kesalahan, ” kata Martinez-Almedia. (Baca juga: Liverpool dan Sederet Klub Liga Inggris Ucapkan Selamat Idul Fitri)

(sha)