Tak Membayar Zakat Diancam Perang, Tunaikanlah Sebelum Terlambat

Tak Membayar Zakat Diancam Perang, Tunaikanlah Sebelum Terlambat
May 18 2020
Kenneth Ross

Sri S Syam

Sebagai umat Muslim, kita diwajibkan mengeluarkan Derma Fitrah pada bulan Ramadhan, paling lambat sebelum orang-orang selesai menutup salat Idul Fitri. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR – Sebagai umat Muslim, kita diwajibkan mengeluarkan Zakat Darah pada bulan Ramadhan, paling laun sebelum orang-orang selesai menunaikan doa Idul Fitri.

Baca: Kematian Tiba-tiba Ialah Tanda Akhir Zaman, Mari Lekas Bertaubat

Zakat dalam kedudukan agama Islam dasar sangatlah penting. Ia merupakan lupa satu diantara lima pilar keIslaman, seperti syahadat, salat, puasa, dan haji bagi yang mampu.

Baca Pula:

Ada penuh sekali konsekwensi bagi seorang muslim yang mampu dan berkecukupan mengikuti telah dikenai kewajiban untuk menyingkirkan zakat atas hartanya.

Allah Subhanahu wata‘ala berkata:

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan galuh, dan tidak menafkahkannya di tiang Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih. ” (QS. At-Taubah: 34)

Perintah Rasulullah Muhammad Shalallahu alaihi wassalam.

“Siapa saja yang memiliki emas ataupun perak tapi tidak mengeluarkan zakatnya melainkan pada hari kiamat belakang akan disepuh untuknya lempengan dari api neraka, lalu dipanaskan di dalam api neraka jahannam, lalu disetrika dahi, rusuk dan punggungnya secara lempengan tersebut. Setiap kali sejuk akan disepuh lagi dan disetrikakan kembali kepadanya pada hari dengan ukurannya sama dengan lima persepuluhan ribu tahun. Kemudian ia tahu tempat kembalinya apakah ke surga atau neraka. (Hadist riwayat Muslim No. 987).

Ancaman lalai membalas zakat ini sendiri pernah berlaku pada zaman khalifah Abu Mengobarkan Ash-Shiddiq Radhiyallahu anhu. Saat tersebut terjadi penyimpangan tatkala sebagian kaum mendatangi beliau dan menyatakan tak akan membayar zakat lagi sebagaimana mereka hanya membayar zakat ketika Rasulullah masih hidup.

Lalu mendengar hal itu, khalifah kemudian bersumpah akan menyerbu siapa saja yang berani menyekat antara salat dengan zakat & menolak mengeluarkan zakatnya.

“Demi Allah, aku bakal memerangi siapa saja yang memisahkan antara salat dengan zakat, ” (Abu Bakar Ash-Shiddiq)

Semoga kita selalu diberi taufiq oleh Allah subhanahu wata’ala hingga kita mudah untuk melaksanakan apa yang diperintahkan-Nya dan mudah menjauhi apa yang dilarang-Nya. Amin ya rabbal alamin.  

Baca Juga: Kisah Rasulullah Saat Hadapi Makanan yang Tak Disukai

( sri )

Berita Terkait

KOMENTAR (pilih lupa satu di bawah ini)

  • Disqus
  • Facebook