Tarik Pasukan dari Afghanistan, GANDAR Bersiap Hadapi Serangan Taliban

tarik-pasukan-dari-afghanistan-as-bersiap-hadapi-serangan-taliban-1
Apr 24 2021
Kenneth Ross

WASHINGTON Amerika Serikat (AS) memposisikan lebih banyak senjata pada Timur Tengah dan Asia Selatan untuk memberikan perlindungan bagi pasukannya saat mereka bersiap untuk meninggalkan Afghanistan .

Pentagon dalam hari Jumat mengumumkan bahwa Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin telah memerintahkan kapal induk USS Dwight D. Eisenhower untuk tetap berkecukupan di wilayah tersebut buat jangka waktu tertentu. Pembom jarak jauh juga menuju ke wilayah tersebut, dan dua B-52 Angkatan Suasana AS sudah tersedia.

Baca selalu: Tarik Tentara, AS Kerahkan Pembom B-52 dan Pertahankan Kapal Induk di Dekat Afghanistan

“Kami ingin mendirikan penarikan ini aman, santun dan tidak tergesa-gesa, ” kata sekretaris pers Pentagon John Kirby kepada kuli.

“Itu berarti memberi komandan dalam darat pilihan untuk membenarkan bahwa pasukan kita dan tentara kita serta gabungan kita terlindungi saat mereka bergerak keluar, ” imbuhnya seperti dikutip dari VOA , Sabtu (24/4/2021).

Baca Juga:

Presiden AS Joe Biden pekan lalu mencanangkan bahwa ia menarik kira-kira 2. 500 hingga 3. 500 tentara AS daripada Afghanistan mulai 1 Mei, dan penarikan itu bakal selesai pada awal September.

Mengaji juga: Biden Resmi Akhiri Pengerahan Pasukan AS ke Afghanistan

Sekutu AS, dengan memiliki sekitar 7. 000 tentara lagi di Afghanistan di bawah naungan NATO, juga akan pergi, berhubungan dengan ribuan kontraktor, pada bawah garis waktu yang serupa.

Terlepas daripada penarikan yang direncanakan, para-para pejabat Taliban telah berulang kali mengancam akan menetapkan pasukan AS dan konfederasi jika mereka gagal melalaikan Afghanistan pada awal Mei – tenggat waktu pada bawah perjanjian yang ditandatangani antara Taliban dan pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump.

“Akan sangat bodoh dan tidak hati-hati untuk tidak berasumsi bahwa mungkin ada perlawanan dan penentangan terhadap penarikan oleh Taliban karena retorika mereka yang kuat, ” kata Kirby kepada wartawan tentang ancaman itu, mengekalkan terbuka kemungkinan bahwa langkah-langkah tambahan bisa datang.

“Sangat mungkin bakal ada peningkatan sementara sejak beberapa pasukan darat serta pendukung, tidak hanya buat perlindungan kekuatan tetapi selalu untuk dukungan logistik serta teknik, ” ia memasukkan.

Mengucapkan juga: Bela Penarikan Pasukan, Blinken: Ancaman Sudah ‘Keluar’ dari Afghanistan

Selama masukan di Pentagon pada hari Kamis, komandan pasukan AS di Timur Tengah dan Afghanistan, Jenderal Kenneth “Frank” McKenzie Jr, mengemukakan kewaswasan tentang kemampuan pasukan Afghanistan untuk menahan Taliban sejenis pasukan AS pergi. Tetapi dia juga memperingatkan grup pemberontak agar tidak melacak pasukan AS atau koalisi untuk sementara.