Tes Antigen Sendiri Bahaya, Tersebut Penjelasan Dokter!

tes-antigen-sendiri-bahaya-ini-penjelasan-dokter-1
Jul 31 2021
Kenneth Ross

JAKARTA Ulangan antigen sendiri di rumah saat ini semakin marak. Cara tersebut dianggap bisa membantu meningkatkan kewaspadaan dalam pencegahan infeksi Covid-19 .

Lazimnya tes antigen sendiri kerap dilakukan mereka yang harus beraktivitas di luar sendi. Begitu juga bagi mereka yang pekerjaannya sering bertemu dengan orang-orang yang bertentangan setiap hari.

“Dasar kita apa sih untuk melakukan pemeriksaan sendiri? Dengan pemeriksaan mandiri tersebut bisa membantu kewaspadaan pada pencegahan dari infeksi Covid-19 ini, ” kata Tabib Umum RS Premier Jatinegara, Dr. Muhammad Fajar Wicaksono.

Membaca Juga: Kehilangan Indra Moncong Belum Tentu Positif Covid-19
Meski dapat meningkatkan kewaspadaan, Dr. Muhammad Fajar tidak mengusulkan melakukannya sendiri. Pasalnya ulangan yang dilakukan dengan mengusap bagian dalam rongga hidung dan tenggorokan ini beresiko, terutama jika tidak dilakukan oleh tenaga ahli.

“Tapi kita tekankan sekali lagi bahwa penyeliaan ini juga bukan berguna tanpa risiko. Misalnya jika antigen ini itu membangun dilakukan usapan hidung serta tenggorokan, itu tetap harus memakai APD yang benar, ” ujar Dr. Muhammad Fajar dikutip dari terusan YouTube RS Premier Jatinegara, Sabtu (31/7).

Tes antigen seharusnya dikerjakan di fasilitas kesehatan (Faskes) dan dikerjakan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi agar hasilnya akurat.

Baca Juga: 5 Gejala Covid-19 yang Butuh Zaman Paling Lama untuk Segar
“Sehingga sangat kita anjurkan untuk rapid antigen ini selalu dilakukan oleh faskes secara menggunakan APD yang benar dengan tenaga yang terlatih sehingga benar-benar hasilnya langgeng akurat, ” tandasnya.