Topang Stok Darah, Uus Kuswanto Instruksikan Camat Lurah Donor Darah

Topang Stok Darah, Uus Kuswanto Instruksikan Camat Lurah Donor Darah
Oct 01 2020
Kenneth Ross

JAKARTA Wali Kota Jakarta Barat , Uus Kuswanto menginstruksikan pada camat, lurah, dan jajarannya untuk melakukan donor pembawaan . Donor darah itu berjalan membantu stok darah di Jakarta.

“Saudara-saudara kita yang berkecukupan di rumah sakit mungkin medium menunggu uluran tangan kita. Lupa satu di antaranya yang membutuhkan pembawaan, ” kata Uus saat dikonfirmasi, Kamis (1/10/2020). ( Mengaji juga : Peringati HUT ke 75 TNI, Kopassus Bersama PMI Gelar Donor Darah)

Maka itu, dia meminta, camat untuk mendonorkan darahnya ke PMI Jakarta dengan rutin. Terlebih kegiatan donor darah merupakan kegiatan rutin kemanusian dengan sangat mulia dan membantu masyarakat dalam membutuhkan darah. Sehingga, dukungan kepada semua pihak, termasuk organisasi masyarakat agar menggelar kegiatan donor darah.

Mencapai itu, Uus telah berencana menyelenggarakan kesibukan donor darahpada 13 Oktober2020 mendatang di kantor Wali Kota Jakarta Barat. ( Baca juga : Didukung MNC Bank, Donor Darah PDDI Disambut Antusias Warga Bogor Barat)

Baca Juga:

“Saya sangat setuju. Yang terpenting memperhatikan protokol kesehatan. 740 calon pendonor, itu sedikit. Saya minta Kesbangpol, yang memiliki banyak organisasi juga bisa dilibatkan, ” jelasnya.

Terpisah, Pemimpin PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi menjelaskan, donor darah ini diprakarsai oleh Demo Care. Kegiatan ini sangat diperlukan dalam upaya pemenuhan stok darah untuk pasien yang membutuhkan darah di rumah melempem.

Ia mengakui kalau ketersediaan stok darah di PMI Jakarta mulai menurun akibat periode pandemi Covid-19. Itu dimaklumi mengingat diberlakukannya pelaksanaan PSBB yang menyekat ruang gerak masyarakat.

Melihat perihal itu, PMI DKI Jakarta menginstruksi kepada PMI di wilayah buat melakukan program jemput bola, yakni melaksanakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan instansi pemerintah, organisasi klub dan sebagainya.

“Bak gayung bersambut, teman-teman Demo care memiliki misi yang sama dengan melaksanakan kegiatan donor darah di Meruya Utara, ” kata Rustam. ( Baca juga : Stok Darah PMI Meluncur, Relawan Siaga Ajak Warga Donor Darah)

Bekas Wali Kota Jakarta Barat ini melanjutkan, sedikitnya ada 150 orang yang mendonorkan darahnya. Ia melihat gerakan ini mendapat dukung buat ketersediaan darah bagi masyarakat dengan memerlukan darah di rumah melempem.