UE Larang Pesawat Melintasi Langit Belarusia Pasca Insiden ‘Pembajakan’ Ryanair

ue-larang-pesawat-melintasi-langit-belarusia-pasca-insiden-pembajakan-ryanair-1
May 24 2021
Kenneth Ross

BRUSSELS – Asosiasi Eropa (UE) mempertimbangkan buat melarang pesawat melintasi daerah udara Belarusia. UE selalu disebut berencana melarang kongsi nasional Belarusia, Belavia untukmendarat di bandara-bandara negara UE.

Langkah ini diambil setelah otoritas Belarusia “membajak” pesawat Ryanair yang mendatangkan tokoh oposisi. Jet menyerang Belarusia disebut mencegat pesawat dari Yunani ke Lithuania dan memaksanya untuk mendarat di Minsk.

Tokoh oposisi yang tersedia dalam pesawat itu merupakan Roman Protasevich. Pria yang juga adalah seorang pewarta dan tinggal di isolasi itu langsung ditangkap sekilat setelah pesawat itu datang di Minks. Baca juga: UE Terkesan Cari-cari Alasan Menghambat Masuknya Produk Sawit RI

Baca Juga:

Para pemimpin UE mengecam keras Belarusia arah insiden tersebut. Mereka hendak membahas pengetatan sanksi yang sudah diberlakukan terhadap Minsk dan juga dapat menetapkan hubungan transit darat kurun Belarusia dan 27 negara UE.

“Bersama dengan mitra internasional, kami akan bekerja untuk mengunci wilayah udara Belarus buat penerbangan internasional, ” sekapur Perdana Menteri Lithuania, Ingrida Simonyte seperti dilansir Reuters pada Selasa (25/5/2021).

Prancis menyebut pengalihan paksa pesawat itu kesibukan pembajakan oleh negara dengan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Paris mengusulkan hukuman yang lebih keras terhadap Belarusia. Menangkap juga: Demi Menangkap Oposisi Belarusia, Penerbangan Ryanair Diancam Bom

“Kami sedang mengonkretkan paket tindakan yang melampaui sanksi terhadap individu serta juga dapat menangguhkan hubungan transit darat dengan UE, ” kata kantor Pemimpin Prancis, Emmanuel Macron.