Wapres Minta Daerah Petakan Sedang Semua Program dan Perkiraan Stunting

wapres-minta-daerah-petakan-lagi-semua-program-dan-anggaran-stunting-1
Aug 23 2021
Kenneth Ross

JAKARTA – Pemangku Presiden ( Wapres ) Maruf Amin meminta negeri daerah (pemda) memetakan kembali semua program, kegiatan serta anggaran yang terkait percepatan penurunan stunting di wilayahnya. Hal tersebut disampaikan pada saat Rakornas Percepatan Penurunan Stunting.

“Pemetaan ini penting untuk mengetahui program apa saja yang masih berjalan, kalender apa saja yang cakupannya belum merata, dan program apa saja yang kandas selama masa pandemi, ” katanya, Senin (23/8/2021).

Wapres mengatakan, sejak pemetaan tersebut, pemerintah wilayah kemudian dapat menyusun dasar kegiatan selanjutnya dengan memaksimalkan berbagai sumber pendanaan. “(Ini) agar seluruh layanan yang dibutuhkan dapat diterima oleh kelompok, ” ujarnya.

Baca juga: MPASI Bernas Dapat Membantu Mencegah Stunting
Di kesempatan itu Wapres juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para bupati/wali kota yang menyatakan komitmennya melakukan percepatan penurunan stunting di wilayahnya. Seperti diketahui pemerintah menargetkan angka stunting turun menjadi 14% pada 2021.

“Komitmen saudara-saudara sangatlah diperlukan. Sebab dengan komitmen yang berpengaruh dari kepala daerah, mendaulat penurunan stunting sebagai preferensi sehingga semua sumberdaya yang diperlukan dapat dimobilisasi untuk penurunan stunting, ” katanya.

Baca pula: Cegah Stunting Bisa Dilakukan dengan Mudah, Begini Caranya